Friday, January 13, 2012

Susu Goreng dari Rote

Susu goreng a la Rote

Makanan ini termasuk makanan unik. Berasal dari Kepulauan Rote di Nusa Tenggara Timur, susu goreng sebenarnya merupakan makanan yang sederhana, yang hanya berbahan dasar susu kerbau dan gula semut (gula khas Rote).

Katanya, cara pembuatan susu goreng ini hanya dengan memanaskan (menggoreng) susu dan gula tadi di wajan hingga mengental dan membentuk butiran-butiran. Gula dan susu ini akan berubah menjadi semacam karamel.

Herannya, ini agak berbeda dengan yang banyak muncul di internet ketika aku mengetik kata "susu goreng" di Google. Susu goreng yang kutemui di Pulau Rote bentuknya justru mirip scrambled egg, bukan berbentuk bulat-bulat dan menarik seperti foto-foto hasil pencarian Google. Aku juga tidak berhasil mencari data apapun tentang latar belakang makanan ini.


Anyway, susu goreng temuanku ini sendiri berwarna kecoklatan. Sangat mungkin akibat dari gulanya. Makanan ringan ini dijual dalam plastik-plastik mika dengan dua ukuran.

Harganya cukup mahal. Satu kotak mika kecil dihargai dengan Rp 15.000,-, sementara yang besar Rp 30.000,-. Semua orang yang aku temui di Rote dan di Kupang mengatakan bahwa susu goreng itu enak. Tapi, bagiku, rasanya tidak bisa dibilang enak.

Seorang kawan perjalanan menyukainya dan menyamakannya dengan 'keju yang manis'. Sementara aku menganggapnya seperti 'keju busuk yang langu'. Rasa manisnya sama sekali tidak membantuku untuk bisa menyukai makanan itu.

Mungkin ini hanyalah masalah referensi dan selera. Jadi, kalau berkunjung ke Pulau Rote, jangan lupa untuk mencicipinya ya? Dan beritahu aku, siapa tau aku membeli susu goreng di toko yang salah.



PS: Aku membelinya di Pelabuhan karena mengikuti saran seorang kawan.

3 comments:

  1. menarik sekali, pas banget buat makalah aku tentang makanan unik dari NTT

    ReplyDelete
  2. Bisa beli di saya.... Susu goreng itu klo goreng nya kelamaan akan terasa eneg....

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...