Tuesday, February 14, 2012

Kopi Tiam #1: Kopitiam 51


Bandeng Lada Hitam
Taukah apa menu spesial dari kedai makan ini?

Bandeng.

Yup. Meski memakai label Kopi Tiam, berbagai masakan bandeng tanpa duri justru menjadi ciri khas kedai makan ini.

Tatanan kedainya pun nggak seperti layaknya kedai kopi. Bahkan, tempat ini bukanlah kedai makan biasanya.

Kopi Tiam 51 lebih cocok dibilang sebagai kedai makan masakan Cina. Kedai makan outdoor, dengan taman dan bangku-bangku makan sederhana.

Sebagian masakannya memang didominasi oleh masakan Cina, terutama bandeng itu tadi. Bandeng dimasak dengan berbagai resep yang unik. Dari bandeng lada hitam hingga sup bandeng semangka.

Iya, aku nggak salah tulis. Mereka memang menyediakan sup bandeng semangka. Sup dengan bandeng dan buah semangka!

Tapi aku nggak memesannya. Aku memesan bandeng lada hitam, dan Hera memesan ayam bumbu Bangkok. Meski begitu, kami berjanji akan memesan sup aneh itu saat datang ke sana lagi.

Ayam Bangkok
Aku nggak akan menjelaskan panjang lebar mengenai bagaimana rasa makanan yang aku pesan, karena - jujur saja - aku agak lupa rasa tepatnya seperti apa. Yang jelas, aku dan Hera masih ingat bahwa rasanya enak. Kesemua pesanan kami terasa enak.

Selain masakan Cina a la restoran, kami juga memesan minuman. Tentu saja, karena label 'kopi tiam'-nya, kami memesan kopi: Cham O-beng dan Cham C-ping. Menurut Mbak Pelayan Kopi Tiam 51, minuman bernama cham ini rupanya gabungan dari kopi dan teh. Cham O-beng tanpa susu, sementara Cham C-ping menggunakan susu.

Cham O dan Cham C

Santapan ini nggak berakhir begitu saja, kami juga memesan penutup berupa Kawista squash dan Terong Oatmeal. Kawistanya favorit kami.


Terong Oatmeal
Jadi, apa kesanku tentang 'kopi tiam' ini?

Pertama, aku sedikit terjebak dengan label kopi tiam ini. Kupikir, paling nggak mereka lebih cenderung ke arah coffee shop. Tapi rupanya aku salah. Tempat ini lebih cocok sebagai restoran masakan Cina.

Kalau kata Hera, tempat ini konsepnya kurang fokus.

Kedua, mereka menyediakan cukup banyak jenis minuman kopi. Jadi, bisa dibilang para penggemar kopi yang datang ke Kopitiam 51 di varian kopi.

Untuk kekhasan kopi tiam lainnya, nggak ada. Menu sarapan pagi nggak ada karena mereka baru buka pukul 11 siang. Snack seperti roti bakar dan selai sarikaya khas kopi tiam pun nggak ada.

Terlepas dari itu semua, kami setuju bahwa semua menu yang kami pesan rasanya memuaskan. :) Terlebih kawistanya.

Kawista!

Kopitiam 51
Jl. Veteran No.51, Warungboto, Umbulharjo,
Yogyakarta
www.kopitiam51.com

*All pictures are photographed by Hera (PakJepret.com)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...