Wednesday, August 24, 2011

Tom Yum

Tom Yum Thale dengan susu
 
Tak dipungkiri, Tom Yum adalah salah satu masakan Thailand yang paling digemari. Tak hanya oleh lidah lokal mereka, tapi juga oleh orang asing.

Begitu pula olehku.

Sekilas penampilannya, dan melihat bahan dasarnya, Tom Yum berakar dari masakan Cina. Sup bening yang menggunakan bahan-bahan segar seperti kebanyakan sup di Cina. Namun, Thailand berhasil menciptakan keunikannya sendiri, dengan rasa dan aroma yang muncul dari perpaduan bahan-bahan lokal.

Masakan yang berasal dari daerah Thailand Tengah ini memiliki rasa dasar yang unik khas Thailand: asam-pedas-berempah. Rasa asamnya tidak berasal dari asam, namun dari sari jeruk purut dan diperkuat aromanya oleh daunnya.

Sementara rasa pedasnya berasal dari cabai yang sudah dihaluskan. Aroma bumbu lainnya, seperti serai, lengkuas, dan seledri menambah sensasi keunikan rasanya.

Salah satu varian Tom Yum yang paling menonjol adalah Tom Yum Goong, yang menggunakan udang sebagai bahan utamanya.

Paduan asam-pedas-berempahnya menghilangkan rasa amis di udang - dan juga bahan seafood lainnya. Sementara rasa udang - dan bahan seafood lainnya - justru memperkuat sensasi asam-pedas-berempahnya.

Anyway, selain Tom Yum Goong, Tom Yum juga memiliki varian lain yang menggunakan bahan lainnya. Tom Yum Pla yang menggunakan ikan, Tom Yum Gai yang menggunakan ayam, Tom Yum Thale dengan campuran seafood-nya, dan Tom Yum Nam Khon yang menambahkan sedikit santan di akhir masakan.

Tentu saja, karena banyak peminat, resep dasar Tom Yum berkembang. Untuk penyesuaian terhadap lidah asing, sering kali (bahkan beberapa menyarankan) resep asli Tom Yum dikurangi cabainya dan diberi tambahan susu.

Susu yang bukan merupakan bahan masakan di budaya Thailand, justru kemudian menjadi salah satu bahan esensial untuk Tom Yum, terutama untuk Tom Yum yang disajikan pada orang asing.

Tambahan susu ini rupanya menghasilkan rasa yang lebih lembut. Cocok bagi lidah asing yang mungkin belum terbiasa dengan kuatnya rasa asam-pedas-berempah itu.

Nah, dari situlah kenapa sekarang banyak resep yang memasukkan susu sebagai bahan masakan Tom Yum. Pantas saja, karena kan sebenarnya susu bukan bahan masakan yang biasa digunakan di Thailand.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...